PENERAPAN METODE AHP DAN ELECTRE DALAM PROSES SELEKSI KARYAWAN PADA PT. GAWIH JAYA BANJARMASIN

  • Mahmudi
  • Kusrini Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Henderi Universitas AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Karyawan merupakan sebagai SDM yang sangat berperan penting dalam memajukan sebuah perusahaan. Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas akan menghasilkan kinerja dan prestasi baik untuk perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode AHP dan Electre, dimana metode AHP dilakukan pembobotan dan metode ELECTRE dilakukan perangkingan dari pembobotan AHP. Dengan data menggunakan 11 kriteria yaitu Pencapaian tujuan jabatan, Pengembangan kemampuan intelektual, Interaksi yang dilakukan, Kemampuan manajerial, Kematangan / Kedewasaan, Pelaksanaan wewenang, Inisiatif, Kreativitas, Sikap kerja / perilaku, Disiplin, Kerjasama. Hasil penelitian menggunakan Metode AHP dan Electre berupa ranking alternatif yang dihasilkan oleh sistem. Dan dijadikan sebagai rekomendasi kepada pengguna dalam mengambil keputusan seleksi karyawan.

References

Anjarwati, S., dan Indra, M. S. N. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Karyawan Baru Menggunakan metode Analytical Hierarchy Process pada PD Tunas Bersama Yamansari Kabupaten Tegal. Jurnal VOI (Voice Of Informatics), 5(2).

Ayuningtyas, A. K. (2017). Employee Promotion Planning In Analytical Hierarchy Process Perspective: Study On National Public Procurement Agency. -, 1-11.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan, Yogyakarta. C.V Andi Offset.

Priadana, A. (2018). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DELETED DOMAIN DENGAN METODE AHP DAN SAW. Teknomatika, 10(2), 1-12.

Rahmad, C., Wibowo, D. W., dan Saputra, P. Y. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menerapkan Metode ELECTRE dalam Menentukan Prioritas Calon Debitur. ANTIVIRUS: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 11(2).

Sahputra, E., Kusrini, K., dan Al Fatta, H. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Program Studi Di Perguruan Tinggi. Data Manajemen dan Teknologi Informasi (DASI), 18(2), 1-6.

Turban, E., Aronson, J. E., dan Liang, T., 2005, Edisi 7, Jilid 1, Decision Support System and Intelegent System (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas), Yogyakarta, C.V Andi Offset.

Published
2019-12-03
How to Cite
Mahmudi, Kusrini, & Henderi. (2019). PENERAPAN METODE AHP DAN ELECTRE DALAM PROSES SELEKSI KARYAWAN PADA PT. GAWIH JAYA BANJARMASIN . Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(2), 152-164. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/280
Section
Articles