ANALISIS KEBERHASILAN PENGGUNAAN SIDALIH MENGGUNAKAN METODE UTAUT

  • Yuliana
  • Arief Setyanto Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Hanif Al Fatta Universitas AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Penggunaan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam membantu mencapai tujuan organisasi. Pada sektor pemerintahan untuk mendukung kinerja operasional, salah satu upaya yaitu dikembangkannya sistem informasi terintegrasi dalam lingkup tertentu yang menghubungkan pengelolaan sistem informasi antar unit, bagian atau tempat dengan memanfaatkan akses internet. Untuk mendukung kegiatan pemerintah tersebut maka lembaga KPU mempersiapkan sebuah sistem berbasis teknologi yang digunakan yaitu Sistem Informasi Data Pemilih di KPU. Proses yang dilakukan adalah pemutakhiran data untuk membersihkan data invalid dan menghindari data pemilih ganda yang selama ini menjadi beban dalam setiap pemilu karena banyak data yang diinput. Dalam menganalisis keberhasilan penggunaan SIDALIH dengan menggunakan model UTAUT. Hasil penelitian uji analisis data menggunakan metode UTAUT, ditemukan bahwa variabel Kinerja Harapan, Upaya Usaha memiliki pengaruh terhadap Perilaku Niat dan Kondisi Fasilitasi yang mempengaruhi Perilaku Pengguna. Dalam hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem SIDALIH di KPU sangat membantu niat para pengguna dalam menjalankan tugas pemutakhiran data dalam pemilihan.

References

Abdillah, L. A., dkk., 2007, Pengaruh kompensasi dan teknologi informasi terhadap kinerja dosen (KIDO) tetap pada Universitas Bina Darma, Jurnal Ilmiah MATRIK, vol. 9, pp. 1-20.

Davis, Fred D., 1989, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and use Acceptance of Information Technology. Journal, MIS Quarterly, 13,3.

Hartono, J. (2007), Sistem Informasi Keperilakuan, Penerbit Andi. Yogyakarta.

Jogiyanto, H.,2007, Sistem Informasi Keperilakuan, Yogyakarta: Andi Offset

., 2008, Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Malik, Husni Kamil, 2014, Panduan Kpps Pelaksanaan Pemungutan Dan Penghitungan Suara Di Tps, Jakarta:KPU Pusat.

Pendit, Laxman Pendit. 2003, Penelitian Ilmu Perpustakaan dan informasi. Jakarta: JIP-FSUI

Prasetyo, Dwi Yuli.,2017, Penerapan Metode UTAUT (Unified Theory of Acceptance and Use of Technology) dalam memahami penerimaan dan penggunaan website kkn llpm UNISI.Jurnal SISTEMASI, ISSN:2302- 8149, Vol.6 No.2, Mei 2017.

Singarimbun, Masri dan Sofyan Efendi.,1989, Metode Penelitian Survei, Jakarta: LP3ES. 38 Suharso dan Retnoningsih, A., 2006, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Semarang: CV. Widya Karya

Umar, Husein., 2005, Evaluai Kinerja Perusahaan: Teknik Evaluasi Bisnis Dan Kinerja Perusahaan Secara Komprehensif, Kuantitatif Dan Modern, Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Venkatesh, V. dkk., 2003. Use Acceptance of Information Tehcnology: Toward a Unified Views, Journal Management Informantion System Research Center, University of Minnesota, 27,425-478.

Published
2019-12-03
How to Cite
Yuliana, Arief Setyanto, & Hanif Al Fatta. (2019). ANALISIS KEBERHASILAN PENGGUNAAN SIDALIH MENGGUNAKAN METODE UTAUT. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(2), 130-140. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/278
Section
Articles