ANALISIS ASOSIASI PADA TRANSAKSI PENJUALAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH

  • Agustinus Cahya Putra Universitas Jenderal Achamd Yani Yogyakarta
  • Muhammad Habibi

Abstract

Dalam proses bisnisnya, Rumah Warna hanya mengarsipkan data penjualan yang masuk dan tidak mengolahnya sama sekali. Hal ini menyebabkan pihak manajerial kesulitan dalam mengambil keputusan khususnya dalam pengembangan strategi pemasaran untuk penjualan daring. Berdasarkan permasalahan tersebut dalam penelitian ini akan diusulkan dan dilakukan solusi dengan menerapkan data mining guna menemukan informasi strategis dengan menggunakan metode asosiasi dengan alogirtma apriori dan frequent pattern growth (fp-growth). Pada proses data mining tahap yang dilakukan adalah data selection, preprocessing, transformasi, data mining dan evaluasi. Pada tahap data mining akan dibagi menjadi dua proses dikarenakan menggunakan dua algoritma yaitu apriori dan fp-growth. Data yang diambil adalah sebanyak 10.230 data transaksi penjualan. Dalam penelitian ini akan mengambil minimum support 10% dan minimum confidence 50%. Kemudian hasilnya akan dibandingkan dan mengambil aturan asosiasi yang terbaik sebagai informasi strategis terbaik. Hasil penelitian ini diperoleh 6 aturan asosiasi yang didapat dari perhitungan algoritma apriori dan fp-growth. Informasi strategis terbaik adalah kombinasi antar item dari perhitungan algoritma apriori dan fp-growth yang memiliki nilai support dan confidence paling tertinggi, yaitu support 43% dan confidence 74% adalah “Jika membeli  Tas Selempang maka juga akan membeli Tas Ransel”.

References

Kusrini dan Luthfi, E.T., 2010. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Liu, Y., 2010. Study on application of apriori algorithm in data mining. ICCMS 2010 - 2010 International Conference on Computer Modeling and Simulation, 3, 111–114. https://doi.org/10.1109/ICCMS.2010.398

Mabrur, A.G. dan Lubis, R., 2012. Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Kriteria Nasabah Kredit. Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA), 1(1), pp.53-57.

Samuel, D., 2008. Penerapan Struktur FP-Tree dan Algoritma FP-Growth dalam Optimasi Penentuan Frequent Itemset.

Setiabudi, D. H., Budhi, G. S., Purnama, I. W. J., dan Noertjahyana, A., 2011. Data mining market basket analysis’ using hybrid-dimension association rules, case study in Minimarket X. Proceedings of the International Conference on Uncertainty Reasoning and Knowledge Engineering, URKE 2011, 1, 196–199. https://doi.org/10.1109/URKE.2011.6007796

Song, Y., dan Wei, R., 2011. Research on application of data mining based on FP-growth algorithm for digital library. 2011 2nd International Conference on Mechanic Automation and Control Engineering, MACE 2011 - Proceedings, 1525–1528. https://doi.org/10.1109/MACE.2011.5987239

Published
2019-12-03
How to Cite
Agustinus Cahya Putra, & Habibi, M. (2019). ANALISIS ASOSIASI PADA TRANSAKSI PENJUALAN DARING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI DAN FP-GROWTH . Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(2), 119-129. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/277
Section
Articles