STEGANOGRAFI LSB DENGAN MODIFIKASI KRIPTOGRAFI: CAESAR, VIGENERE, HILL CIPHER DAN PLAYFAIR PADA IMAGE

  • Arvin C Frobenius
  • Eko Rachmat Hidayat Universitas AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Pada era modern ini, teknologi informasi berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu media popular didunia yang bertujuan dalam membentuk sistem dengan cara pengelolahan, pengumpulan, penyimpanan, sampai pengiriman. Dengan berkembangnya teknologi keamanan data harus diperhatikan, ini disebabkan oleh banyak pihak yang ingin mengakses informasi yang bukan haknya dan dapat juga menyalagunakan informasi tersebut, istilah ini sering disebut dengan cyber-crime. Terdapat teknik yang digunakan dalam pengaman data yaitu teknik kriptografi dan steganografi Pada penelitian ini menggabungkan dua teknik, pertama teknik kriptografi menggunakan empat modifikasi yaitu Caesar cipher, vigenere, hill cipher, dan playfair. Kedua, menggunakan teknik steganografi LSB (least Significant Bit. Metode pengujian yang dilakukan pada penelitian ini menggunakan kapasitas penyisipan, histogram, pemotongan gambar, pengubahan ekstensi. Hasilnya menunjukan bahwa penyisipan data yang terdapat pada gambar mengalami penambahan ukuran file yaitu 192 KB dan 170 KB dengan karakter 17 dan 13 huruf dapat disimpulkan bahwa semakin banyak karakter huruf disisipkan pada gambar, semakin besar ukuran file gambar.  Selain itu pada hasil histogram juga mengalami perbedaan yaitu pada nilai mean pada file gambar enkripsi mengalami peningkatan 220.87. Standard deviation mengalami penurunan pada file gambar enkripsi yaitu dengan nilai 72.35 dari 72.45.

References

Syawal Muhamad F. (2016). Implementasi Teknik Steganografi Menggunakan Algoritma Vigenere Cipher dan Metode LSB. Vol 4. Jurnal TICOM

Wamiliana, Adrian R, Jayanti E. F. (2017). Implementasi Kriptografi Dan Steganografi Pada Media Gambar Menggunakan Hill Cipher Dan Least Significant Bit (LSB). Vol 5. Jurnal Komputasi.

Ariyus, D. (2008). Pengantar ilmu kriptografi: teori analisis & implementasi. Penerbit Andi.

Cahyadi, T. (2012). Implementasi Steganografi LSB Dengan Enkripsi Vigenere Cipher Pada Citra JPEG. Transient, 1(4), 281-288.

Rusman, E. S. (2016). "Steganalisis Dalam Pengujuan Citra DIgital Dengan Pengguna Crystalize Dan Histogram Pada Image BMP," Issuu, Tasikmalaya.

Sari, J. I., dan Sihotang, H. T. (2017). Implementasi Penyembunyian Pesan Pada Citra Digital Dengan Menggabungkan Algoritma HILL Cipher Dan Metode Least Significant BIT (LSB). Jurnal Mantik Penusa, 1(2).

Solihin, I., Mesran, M., dan Siahaan, A. P. U. (2017). IMPLEMENTASI ALGORITMA SUPER PLAYFAIR CHIPHER DAN TWO SQUARE CIPHER DALAM PENGAMANAN PESAN TEKS. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komputer), 1(1).

Published
2019-12-03
How to Cite
Arvin C Frobenius, & Eko Rachmat Hidayat. (2019). STEGANOGRAFI LSB DENGAN MODIFIKASI KRIPTOGRAFI: CAESAR, VIGENERE, HILL CIPHER DAN PLAYFAIR PADA IMAGE. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(2), 105-118. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/276
Section
Articles