PURWARUPA E-BATIKJOGJA RINTISAN MARKETPLACE BATIK ASLI YOGYAKARTA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING IKM BATIK YOGYAKARTA

  • Ahmad Hanafi

Abstract

Batik memiliki nilai tinggi. Baik dari segi budaya maupun estetika. Namun pada umumnya masih banyak yang belum melihat adanya keunggulan nilai budaya yang ada pada batik. Selain memiliki kekhasan, batik memiliki keunikan dan nilai budaya sesuai dengan daerah. Hal ini juga terjadi pada batik khas Daerah Istimewa Yogyakarta.

Diperlukan sebuah portal belanja sekaligus edukasi yang bisa memberikan gambaran nilai budaya pada batik khususnya pada batik jogja sehingga bisa mengangkat nilai ekonomi dan juga sosial pada produk batik. Digunakan pengembangan UI design pattern untuk membangun e-marketplace batik jogja. Digunakan sebuah Content Management System untuk mengimplementasikan hasil rancangan tersebut.

Hasil penelitian ini adalah sebuah prototype e-marketplace batik khas DIY yang memiliki fitur edukasi pada pengunjung  sehingga  mampu  memunculkan  nilai tambah pada produk yang dijual pada toko batik yang ada pada  e-  marketplace ini

References

Hanafi, A., 2011, Design and Prototype E-Shop Computer Web Portal using Software Design Pattern, Teknomatika, Volume 5 No. 1.

Indrajit, R.E, 2002, “Pengantar Konsep E-Business”, Penerbit ANDI, Yogyakarta. Mujiyana, I.E, 2013, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan

Pembelian Via Internet pada Toko Online”, J@TI Undip Vol. VIII No.3 September 2013, Semarang.

Veritran, D, 2012, “eCommerce in Indonesia”, Harvard Business School by the management of Veritrans & DailySocial.

Published
2019-12-03
How to Cite
Ahmad Hanafi. (2019). PURWARUPA E-BATIKJOGJA RINTISAN MARKETPLACE BATIK ASLI YOGYAKARTA SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN DAYA SAING IKM BATIK YOGYAKARTA. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(1), 56-67. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/272
Section
Articles