KLASTERISASI TIPE PEMBELAJAR SEBAGAI PARAMETER EVALUASI KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI

  • Puji Winar Cahyo

Abstract

Lemahnya kualitas pendidikan di perguruan tinggi sangat mempengaruhi target capaian kelulusan. Untuk itu, setiap perguruan tinggi diharapkan mempunyai sistem pembelajaran yang kondusif dengan melakukan penekanan dan pemenuhan pada beberapa komponen kualitas pendidikan. Komponen kualitas pendidikan tersebut diantaranya adalah kurikulum, kualitas dosen dan kesesuaian metode dalam memberikan pembelajaran. Selain pada peningkatan kualitas pendidikan, motivasi yang tumbuh dari dalam diri mahasiswa sangatlah berpengaruh. Orang yang memiliki motivasi tinggi untuk berprestasi biasanya memiliki: cita-cita tinggi, ingin maju, bekerja keras, bersaing, tekun dan sangat menghargai produktivitas. Oleh karena itu, lemahnya motivasi untuk berprestasi akan sangat menentukan besar kecilnya pencapaian hasil. Proses pembelajaran yang memerlukan waktu rata – rata selama 4 tahun untuk Sarjana, tentunya menghasilkan history capaian lulusan yang dapat dianalisis. Data history tersebut diantaranya berupa masa studi, masa penyelesaian tugas akhir dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Data tersebut dapat dilakukan pengelompokan secara klaster untuk mengetahui kelompok mahasiswa yang memiliki tipe pembelajar yang sejenis di perguruan tinggi, dengan diketahuinya klaster tipe pembelajar di perguruan tinggi tersebut maka dapat dikembangkan pada evaluasi kualitas pendidikan di suatu perguruan tinggi.

References

Bora, D.J., dan Gupta, A.K., 2014, Effect of Different Distance Measures on the Performance of K-Means Algorithm: An Experimental Study in Matlab, (IJCSIT) International Journal of Computer Science and Information Technologies, Vol. 5 (2) , 2014, 2501-2506.

Munthe Bermawy., Zaini, H., dan Sofia, A., , 2015, Sukses Belajar Di Perguruan Tinggi, Center for Teaching Staff Development (CTSD) Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Suyanta, 2014, Paradigma Dalam Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, Workshop Pelaksanaan PBM dan Evaluasi STMIK Kartika Yani.

Published
2019-12-03
How to Cite
Puji Winar Cahyo. (2019). KLASTERISASI TIPE PEMBELAJAR SEBAGAI PARAMETER EVALUASI KUALITAS PENDIDIKAN DI PERGURUAN TINGGI. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(1), 49-55. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/271
Section
Articles