MODEL IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN

  • Heri Suroyo

Abstract

Fokus dari penelitian dan pengabdian ini adalah penerapan model implementasi penggunaan teknologi internet untuk pembelajaran di sekolahan. Aplikasi e-learning yang diimplementasikan adalah web e-learning yang beralamat di  www.edmodo.com. Sebagai salah satu aplikasi Learning Management System (LMS) edmodo memiliki kelebihan diantaranya aplikasi ini mempunyai tampilan antarmuka seperti aplikasi jejaring sosial pada umumnya, hal ini diharapkan menjadi motivator tersendiri bagi guru dan siswa untuk menggunakan aplikasi e-learning dalam pembelajaran. Umumnya beberapa sekolah negeri diperkotaan menerapkan implementasi e-learning di sekolah dengan model proyek yang biasanya bersumber dari anggaran dinas pendidikan setempat.

Pada riset ini model implementasi e-learning dengan memanfaatkan Skim Pengabdian Iptek bagi Masyarakat dari Kemenristek untuk tahun anggaran 2016. Pada tahap penerapan dilaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi pengguna mencakup guru, siswa, admin, serta orang tua wali siswa. Objek tempat penerapan e-learning dalam riset ini adalah di dua sekolahan yaitu satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang dipakai dalam implementasi e-learning ini adalah metode Pelatihan dan pendampingan. Hasil dari penelitian ini adalah aktivasi akun e-learning edmodo sebanyak 74 akun terdiri dari akun guru, siswa dan akun orang tua siswa. Dari penelitian ini didapatkan secara umum mendapat respon positif dari seluruh peserta dengan 7 (tujuh) indikator persepsi diperoleh rata-rata sebesar 60,7% peserta pelatihan menjawab Setuju dan 29,1% Sangat Setuju

References

Al-Ruheili dan Al-Saidi., 2015. Students' Perceptions on the Effectiveness of Using Edmodo in EFL Classes, Sohar College of Applied Sciences, Sultanate of Oman, GAI Istanbul International Academic Conference Proceedings.

Anderson, T dan Elloumi, F., 2004. Theory and Parctice of Online learning. Canada: Athabasca University.

Alessi, S.M. dan Trollip, S.R., 2000, Multimedia for learning: Methods and development. Allyn & Bacon, Inc..

Direktorat PPM, 2013. Panduan Pelaksanaan Penelitian dan PPM Edisi IX, Jakarta. Hadjerrouit, S. (2015).

Ramdhan, 2011. Pengembangan Aplikasi E Learning Berbasis Moodle (Studi Kasus:SMA 2 MEI Ciputat). Fakultas Sains dan Teknologi UIN Jakarta.

Wadman, Brian, 2011. Revealing Students’ Perceptions of VLEs, Faculty of Liberal Arts, Mahidol University. https://www.academia.edu/3563716/Edmodo_versus_Moodle_ The _Future_of_Virtual_Learning_ Environments_in_Thailand, diakses 25-08-2016

Zyainuri, Z. dan Marpanaji, E., 2012. Penerapan E-Learning Moodle untuk Pembelajran Siswa yang Melaksanakan Prakerin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3)..

Published
2019-12-03
How to Cite
Heri Suroyo. (2019). MODEL IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 11(1), 19-29. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/268
Section
Articles