Analisis Kepuasan Pengguna terhadap website MAN 5 Sleman Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean
Abstract
Website MAN 5 Sleman merupakan salah satu platform penting untuk penyebaran informasi pendidikan di era digital saat ini. Namun, kepuasan pengguna terhadap website ini belum pernah dievaluasi secara mendetail. Evaluasi ini diperlukan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap website MAN 5 Sleman serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna menggunakan variabel dari metode End User Computing Satisfaction (EUCS) dan DeLone and McLean. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data dari responden yang merupakan pengguna aktif website MAN 5 Sleman. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan aplikasi statistik SPSS 26 untuk uji validitas dan reliabilitas, serta menggunakan Smart-PLS untuk pengujian model struktural. Analisis data dari 115 responden menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas layanan, ketepatan waktu, akurasi, kemudahan pengguna dan format memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kualitas sistem terbukti menjadi faktor yang paling dominan dengan pengaruh menengah, sementara variabel kualitas informasi, dan konten, tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Nilai R-Square yang tinggi, yaitu sebesar 0,915, menunjukkan bahwa model yang digunakan dapat menjelaskan dengan baik faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem dan layanan, ketepatan waktu, akurasi, kemudahan pengguna serta format adalah faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pengguna website MAN 5 Sleman. Temuan ini memberikan panduan penting untuk peningkatan lebih lanjut pada website tersebut.
References
[2] E. P. D. Hia, D. Prestiadi, S. I. Maghfiroh, and V. M. Oktaviani, "The Use of Information and Communication Technology Through Website and Social Media as Public Relations Information Media," in Proc. 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020), 2020. doi: 10.2991/assehr.k.201112.048.
[3] B. Sukajie, F. A. Laksono, A. Mubarok, S. Susanti, and A. Kurniawan, "Analisis Kepuasan Pengguna Youtube Sebagai Media Pendidikan Menggunakan Model DeLone Dan McLean," Jurnal Responsif: Riset Sains dan Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 46-52, 2019. doi: 10.51977/jti.v1i1.64.
[4] B. Oktavianti, "Evaluasi pengaruh penerimaan sistem teknologi informasi dengan menggunakan variabel Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, dan Perceived Enjoyment: Studi kasus di PT Sanggar Sarana Baja pada Departemen Accounting dan Marketing," Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada, 2007. doi: 10.22146/gamaijb.24092.
[5] Y. Septiani, E. Aribbe, and R. Diansyah, "Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Sevqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru)," Jurnal Teknologi Dan Open Source, vol. 3, no. 1, pp. 131–143, 2020. doi: 10.36378/jtos.v3i1.560
[6] D. A. Simaremare, "Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pengguna E-Learning Menggunakan End User Computing Satisfication," Jurnal Infortech, vol. 2, no. 2, pp. 250-257, 2020. doi: 10.31294/infortech.v2i2.9257.
[7] M. A. C. Dewi, “Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Keamanan Dan Kerahasiaan, Tingkat Kesiapan Teknologi Informasi Dan Kepuasan Pengguna Wajib Pajak Terhadap Intensitas Perilaku Wajib Pajak Dalam Penggunaan E-Filing,” JSAM (Jurnal Sains, Akuntansi Dan Manajemen), vol. 1, no. 3, pp. 317-367, 2019. doi: 10.1234/jsam.v1i3.66.
[8] M. Ernawati, E. H. Hermaliani, and D. N. Sulistyowati, "Penerapan DeLone and McLean Model untuk Mengukur Kesuksesan Aplikasi Akademik Mahasiswa Berbasis Mobile," IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 58-67, 2021. doi: 10.30588/jmp.v12i2.1045.
[9] D. S. E. Putra and M. A. Darmawan, "Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Administrasi Rumah Sakit (SIARS) dengan Model Delone and Mclean," Jurnal Sistem Informasi Bisnis, vol. 11, no. 1, pp. 78-85, 2021, doi: 10.21456/vol11iss1pp78-85.
[10] R. H. Putra, N. Aprila, F. Marietza, and M. Hatta, "Kualitas sistem informasi, kualitas informasi dan perceived usefulness terhadap kepuasan pengguna akhir software analisis kredit," Jurnal Akuntansi, vol. 10, no. 3, pp. 245-260, 2020. doi: 10.33369/j.akuntans.10.3.245-260.