Analisis User Experience pada Aplikasi Mobile SIA Universitas Teknologi Yogyakarta Dengan Metode User Experience Questionnaire

  • Shofi Isnaeni Nurfaldini Universsitas Teknologi Yogyakarta
  • Muhammad Fatwa Rizqi Alfarizi Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Prasasti Dani Harry Kuncoro Universitas Teknologi Yogyakarta

Abstract

Metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan dalam penelitian ini untuk mengevaluasi User Experience (UX) pada aplikasi mobile Sistem Informasi Akademik (SIA) di Universitas Teknologi Yogyakarta. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi di Indonesia, lembaga pendidikan semakin banyak menggunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kemudahan akses ke informasi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kualitas pengalaman pengguna melalui enam skala UEQ: Attractiveness (Daya Tarik), Perspicuity (Kejelasan), Efficiency (Efisiensi), Dependability (Ketepatan), Stimulation (Stimulasi), dan Novelty (Kebaruan). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan meningkatkan kualitas melalui pengembangan aplikasi mobile SIA UTY. Harapan kami adalah temuan penelitian ini akan membantu pembuat aplikasi mengembangkan aplikasi mereka di masa depan.

References

[1] Y. A. Pratiwi, R. U. Ginting, H. Situmorang, dan R. Sitanggang, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK BERBASIS WEB DI SMP RAHMAT ISLAMIYAH,” Jurnal Teknologi, Kesehatan dan Ilmu Sosial, vol. 2, no. 1, hlm. 27–32, 2020.
[2] L. Ariyanti, M. Najib, D. Satria, dan D. Alita, “SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 1, no. 1, hlm. 90–96, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi
[3] M. Rivansyah, D. Arifianto, dan W. Suharso, “Analisis User Interface dan User Experience Pada SIA Mobile UM Jember dengan Metode User Experience Questionnaire,” JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), vol. 8, no. 2, hlm. 108–115, Agu 2023, doi: 10.32528/justindo.v8i2.623.
[4] A. M. Lukman dan D. Aryanto, “APLIKASI EDUKASI EKOSISTEM PENGENALAN DUNIA HEWAN UNTUK ANAK USIA DINI BERBASIS ANDROID,” Jurnal Sains dan Manajemen, vol. 7, no. 2, 2019.
[5] K. Apriliani, R. Setiawati, D. M. Ningtyas, F. Febiola, dan C. H. Primasari, “Analisis User Experience pada Aplikasi Line Webtoon,” KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, hlm. 403–410, 2022.
[6] A. Maharani, B. Intan, dan A. T. Susilo, “ANALISIS USER EXPERIENCE PADA WEBSITE SMK NEGERI TUGUMULYO BERBASIS USER EXPERIENCE QUESTIONAIRE (UEQ),” JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), vol. 6, no. 2, hlm. 169–177, 2021.
[7] N. D. Supriyono, A. Aziz, dan W. Harianto, “ANALISIS USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE PADA GAME PERANG KOMANDO MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION,” Seminar Nasional FST 2019, vol. 2, hlm. 95–101, 2019.
[8] N. Nurtsani dan E. Sarvia, “Perancangan dan Analisis User Interface/User Experience Online Store dengan Menggunakan Pendekatan Ergonomi (Studi Kasus: Wods),” Journal of Integrated System, vol. 5, no. 1, hlm. 27–48, Jun 2022, doi: 10.28932/jis.v5i1.4476.
[9] M. Audi, R. I. Rokhmawati, dan H. Muslimah Az-Zahra, “Analisis Aspek Usability dan User Experience Website dan Aplikasi Mobile Radio Streaming (Studi Pada Website dan Aplikasi Mobile Radio Prambors),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 12, hlm. 2548–964, 2018, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
[10] N. F. A. Maulidiyah, D. Singasatia, dan M. A. Sunandar, “Analysis of User Experience Effect on Users of VLive Mobile Application Using the SCSI Model Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application VLive Menggunakan Model SCSI,” MALCOM: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, vol. 2, hlm. 28–34, 2022.
[11] N. K. R. Juniantari dan I. N. T. A. Putra, “ANALISIS SISTEM INFORMASI DPMPTSP MENGGUNAKAN METODE USER EXPERIENCE QUESTIONNAIRE,” Jurnal Informatika dan Komputer) Akreditasi KEMENRISTEKDIKTI, vol. 4, no. 1, hlm. 31–37, 2021, doi: 10.33387/jiko.
[12] M. A. Kresnanto, B. T. Hanggara, dan B. S. Prakoso, “Analisis Pengalaman Pengguna pada Aplikasi Mobile Booking Hotel dengan menggunakan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi pada RedDoorz dan Airy),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 4, no. 10, hlm. 3637–3646, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://j-ptiik.ub.ac.id
[13] S. G. N. K. S. A. Jelantik, I. P. Satwika, dan I. N. Y. Anggara, “Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (Arya Jelantik) Analisis Sistem Informasi Akademik STMIK Primakara Menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ),” Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 3, hlm. 95–106, 2019, [Daring]. Tersedia pada: www.siska.primakara.
Published
2024-05-27
How to Cite
Nurfaldini, S. I., Alfarizi, M. F. R., & Kuncoro, P. D. H. (2024). Analisis User Experience pada Aplikasi Mobile SIA Universitas Teknologi Yogyakarta Dengan Metode User Experience Questionnaire. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 17(1), 48-55. https://doi.org/10.30989/teknomatika.v17i1.1288
Section
Articles