Simulasi Sistem Point of Sale Menggunakan Radio Frequency Identification Pada Perusahaan Ritel

  • Astrid Lestari Tungadi Universitas Atma Jaya Makassar
  • Erick Alfons Lisangan Universitas Atma Jaya Makassar
  • Arif Resya Saputra Universitas Atma Jaya Makassar

Abstract

Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap layanan di pasar swalayan adalah efisiensi waktu. Mayoritas pasar swalayan masih menggunakan barcode. Implementasi teknologi ini menimbulkan permasalahan antrian di kasir baik pada saat pembacaan kode maupun transaksi pembayaran. Dalam mengatasi kelemahan dari teknologi barcode dapat memanfaatkan teknologi Radio Frequency Identification (RFID). Dalam penelitian ini akan merancang sebuah sistem Point of Sale (POS) yang memanfaatkan teknologi RFID untuk mengatasi permasalahan antrian. Sistem RFID-POS kemudian disimulasikan sesuai dengan keadaan dari lokasi penelitian, yaitu Gelael Signature Makassar. Gelael Signature merupakan salah satu perusahaan ritel modern yang berbentuk swalayan di kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem RFID-POS yang dirancang telah mampu berjalan dengan baik. Selain itu, biaya investasi dari RFID-POS yang dirancang dapat menekan biaya investasi sebesar 76.17% dibandingkan penelitian sejenis sebelumnya.

References

E. Soliha, “Analisis Industri Ritel di Indonesia,” Jurnal Bisnis dan Ekonomi, vol. 15, no. 2., pp. 128-142, September 2008.

Z. Pratama, “Analisis Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pembayaran Di Supermarket Saga Swalayan Padang Pariaman Sumatera Barat,” (Online), ( https://modul.mercubuana.ac.id/, diakses 24 April 2019).

G. A. Pradipta, I. W. Mustika, dan S. Sulestyo., “Sistem Check Out Kasir Pada Supermarket Grosir Dengan Menggunakan Passive RFID Technology,” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2014., pp. 28-34, Maret 2014.

G. R. T. White, G. Gardiner, G. Prabhakar, dan A. A. Razak., “A Comparison of Barcoding and RFID Technologies in Practice,” Journal of Information, Information Technology, and Organizations, vol. 2., pp. 119-132, Januari 2007.

Winda, “Pengenalan Radio Frekuensi Identification (RFID) dalam Kehidupan Sehari-hari,” (Online), (https://www.academia.edu/, diakses 23 April 2019).

R. Chen, L. Peng, dan Y. Qin., “Supermarket Shopping Guide System based on Internet of things,” IET International Conference on Wireless Sensor Network 2010, pp. 17-20, November 2010.

Published
2019-11-10
How to Cite
Astrid Lestari Tungadi, Erick Alfons Lisangan, & Arif Resya Saputra. (2019). Simulasi Sistem Point of Sale Menggunakan Radio Frequency Identification Pada Perusahaan Ritel. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 12(1), 1-7. https://doi.org/10.30989/teknomatika.v12i1.119
Section
Articles