Edukasi Kesehatan Pada Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19: Aspek Penting Protokol Kesehatan dan Pengenalan DaGuSiBu

  • Devika Nurhasanah Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Yuni Nurhayati 3Farmasi (S1), Fakultas Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta, Indonesia
  • Gandi Ais Pramita Farmasi (S1), Fakultas Kesehatan, Universitas Jenderal Achmad Yani, Yogyakarta, Indonesia.

Abstract

Corona virus disease 2019 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang menyerang sistem pernapasan dan dinyatakan sebagai pandemi di tahun 2020. Pada awal pandemi Covid-19 masyarakat belum mengetahui cara mencegah penyebaran serta cenderung lebih konsumtif dalam penggunaan obat-obatan yang dapat membantu meningkatkan imunitas atau mengurangi gejala ringan dari virus Covid-19. Berdasarkan hal tersebut, perlu dilakukan edukasi terhadap masyarakat yakni melalui penyuluhan tentang pentingnya menerapkan protokol Kesehatan (prokes), dengan 5M serta penyuluhan DaGuSiBu. Pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang aspek penting prokes dan pengenalan DaGuSiBu. Sasaran kegiatan ini adalah Ibu-ibu PKK Padukuhan Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul. Evaluasi yang dilakukan melalui perbandingan nilai pretest dan posttest. Hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis secara statistik. Berdasarkan hasil analisisi statistik, penyuluhan berpengaruh secara signifikan (p<0,05) terhadap peningkatan pengetahuan Ibu-ibu PKK mengenai aspek penting Prokes dari 50% menjadi 93,75% dan mengenai DaGuSiBu dari 53,33% menjadi 86,67% sesudah mengikuti penyuluhan. Selain itu, usia tidak berhubungan (p>0,05) dengan peningkatan pengetahuan tentang prokes dan pengenalan DaGuSiBu pada ibu-ibu PKK Padukuhan Ngireng-ireng, Panggungharjo, Sewon, Bantul

 

Published
2023-09-30
How to Cite
[1]
D. Nurhasanah, Y. Nurhayati, and G. A. Pramita, “Edukasi Kesehatan Pada Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19: Aspek Penting Protokol Kesehatan dan Pengenalan DaGuSiBu”, J. Innov. Community Empower., vol. 5, no. 2, pp. 62-68, Sep. 2023.