Optimalisasi Sampah Organik untuk Budidaya Maggot sebagai Penanggulangan Pencemaran Lingkungan di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang

  • Azizaendah Tri Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Moehammad Aman Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Rangga Asmaula Hasyim Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Aringga Maulana Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Cahya Khairani Universitas Muhammadiyah Magelang
  • Baruna Bima Fatkurrohman Universitas Muhammadiyah Magelang

Abstract

ABSTRAK. Dusun Setan merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Magelang memilliki laju pertumbuhan penduduk, ekonomi, dan pembangunan yang meningkatkan aktivitas masyarakat. Peningkatan aktivitas masyarakat yang cukup pesat khususnya di Dusun Setan, menyebabkan sampah yang dihasilkan terus menerus bertambah. Selain itu, permasalahan terhadap pengelolaan sampah dari hulu yaitu kurangnya kesadaran pengelolaan sampah. Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian bahwa seringkali daerah pedesaan tidak terjamah oleh petugas kebersihan pemerintah. Masyarakat cenderung bebas untuk membuang sampah sembarangan. Dapat disimpulkan dari tumpukan sampah yang masih terlihat di beberapa sudut lahan kosong ataupun di aliran air sekitar dusun. Masyarakat masih bingung akan pembuangan akhir dari sampah atau limbah rumah tangga. Sehingga lahan kosong atau aliran air menjadi tempat pembuangan sampah warga sekitar. Guna membantu masyarakat Dusun Setan dalam menangani permasalahan sampah, maka akan dilakukan Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) dengan mengunakan metode pendekatan partisipatif yang difokuskan pada sosialisasi dan pembudidayaan magot atau larva. Program sosialisai sendiri bertujuan untuk menyadarkan akan bahaya limbah plastik untuk kesehatan dan lingkungan. Pembudidayaan magot bertujuan untuk meningkatkan pendapatan warga Dusun Setan, sekaligus untuk mengurangi sampah yang dihasilkan dari limbah rumah tangga terutama sampah organik.

Published
2023-04-19
How to Cite
[1]
A. Tri, Moehammad Aman, Rangga Asmaula Hasyim, Aringga Maulana, Cahya Khairani, and Baruna Bima Fatkurrohman, “Optimalisasi Sampah Organik untuk Budidaya Maggot sebagai Penanggulangan Pencemaran Lingkungan di Desa Candiretno, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang ”, J. Innov. Community Empower., vol. 5, no. 1, pp. 45-52, Apr. 2023.