Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil Melaui Pendidikan Kesehatan Dan Relaksasi Untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif Di Desa Jumoyo Kabupaten Magelang

  • Dian Puspitasari Universitas Jenderal Achmad Yani Yoyakarta
  • Fatimah Dewi Anggraeni Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Ika Fitria Ayuningtyas Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

ABSTRAK. Pengabdian masyarakat ini bertema “Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil Melaui Pendidikan Kesehatan Dan Relaksasi Untuk Meningkatkan Cakupan Asi Eksklusif Di Desa Jumoyo Kabupaten Magelang”. Masalah pemberian ASI masih menjadi penyebab dalam pencapaian ASI Eksklusif. Asupan gizi yang penting untuk bayi adalah pemberian ASI eklsklusif. Dalam pemberian ASI eksklusif penting sekali melakukan persiapan seorang ibu  dalam pemberian ASI. Masyarakat masih banyak menemukan keseulitan dalam pemberian ASI terutama pada saat pertama atau masa nifas awal setelah pulang dari klinik/tenaga kesehatan. Ibu merasa memiliki ASI yang kurang dan kurangnya suport serta dukungan dari orang yang paham tentang ASI. Mitra PkM adalah Perangkat desa dan tokoh karena masyarakat yang tepat untuk dapat memberikan suport kepada ibu nifas diawal masa pemberian ASI. Tujuan PkM adalah memberikan edukasi kelompok ibu hamil terutama TM 2 dan 3 agar memiliki pengetahuan dan motivasi melalui relaksasi sehingga akan siap dalam pemberian ASI eksklusif di saat masa nifas. Solusi yang ingin dicapai adalah agar masyarakat dapat mengatasi masalah-masalah dalam pemberian ASI terutama di awal proses masa nifas disaat lepas dari pantauan nakes sehingga harapannya cakupan ASI Eksklusif dapat tercapai. Metode pelaksanaan kegiatan adalah berupa pemberian edukasi melalui kelas ibu hamil dan melalui kegiatan relaksasi secara langsung dan melalui audio visual. Evaluasi terakhir adalah wujud keberhasilan ibu dalam pemberian ASI Eksklusif. Luaran yang akan dihasilkan adalah: 1) tersusunnya media informasi ASI Eksklusif, 2) video relaksasi pemberian ASI, 3) Publikasi karya ilmiah dalam betuk jurnal, 5) Peningkatan cakupan ASI Eksklusif.

Published
2023-04-19
How to Cite
[1]
D. Puspitasari, F. Dewi Anggraeni, and I. F. Ayuningtyas, “Upaya Pemberdayaan Ibu Hamil Melaui Pendidikan Kesehatan Dan Relaksasi Untuk Meningkatkan Cakupan ASI Eksklusif Di Desa Jumoyo Kabupaten Magelang”, J. Innov. Community Empower., vol. 5, no. 1, pp. 58-61, Apr. 2023.