Pemberian Edukasi Persiapan Menghadapi Menopause pada Ibu-ibu dalam kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Dusun Cikal RT 02 RW 03 Tuntang Kabupaten Semarang

  • Winarsih Winarsih Prodi DIII Kebidanan STIKes AKBIDYO
  • Reni Tri Lestari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO

Abstract

ABSTRAK. Kesehatan merupakan aset yang sangat berharga pada era globalisasi sekarang ini. Kesehatan reproduksi pada saat ini  menjadi perhatian dunia. Masalah kesehatan reproduksi antara lain mengenai menopause. Sebagian besar perempuan merasa gelisah saat menghadapi masa-masa menopause, banyak masalah yang sederhana menjadi hal yang begitu besar dan bahkan bisa membuat putus asa seorang perempuan saat menghadapi menopause. Menurut WHO, pada tahun 2025 jumlah perempuan  yang berusia lanjut di Benua Asia akan meningkat dari 107 juta jiwa menjadi 373 juta jiwa. Gejala yang paling banyak dari seluruh jumlah wanita pramenopause yaitu 40% merasa hot flashes, 38 % mengalami susah tidur, 37 % mengalami lebih cepat lelah dalam bekerja, 35 % mengatakan menjadi lebih sering lupa, 33 % mengatakan mudah tersinggung, 26 % mengatakan  mengalami nyeri sendi dan 21 % mengatakan sering sakit kepala berlebihan (Lombogia, Moudy, 2014). Tujuan penelitian ini adalah memberikan edukasi  persiapan menghadapi menopause kepada ibu-ibu tentang tanda dan gejala, tahapan menopause dan penatalaksanaan menopause. Metode: Pemberian edukasi persiapan menghadapi menopause dilakukan melalui koordinasi dengan Ketua PKK Dusun Cikal dan personil yang terlibat dalam kegiatan untuk selanjutnya melakukan edukasi persiapan menghadapi menopause ibu-ibu Dusun Cikal. Hasil: pemberian edukasi persiapan  menghadapi menopause telah dilakukan  di tempat pertemuan PKK Dusun Cikal, kegiatan berjalan dengan baik dan lancar. Kesimpulan: pemberian edukasi persiapan  menghadapi menopause telah dilakukan  di tempat pertemuan PKK Dusun Cikal. Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan, terdapat beberapa pertanyaan yang disampaikan  oleh peserta. Pemberian edukasi sebagai bentuk transfer of knowledge diharapkan dapat dilakukan secara rutin pada ibu-ibu yang harapannya  setelah mengikuti kegiatan ini keluhan-keluhan saat menopause dapat berkurang dan kualitas hidup pun akan terasa pada perempuan itu sendiri.

KATA KUNCI: Menopause; Persiapan; Edukasi

Published
2023-04-11
How to Cite
[1]
W. Winarsih and R. Tri Lestari, “Pemberian Edukasi Persiapan Menghadapi Menopause pada Ibu-ibu dalam kegiatan Pembinaan Kesejahteraan Keluarga di Dusun Cikal RT 02 RW 03 Tuntang Kabupaten Semarang”, J. Innov. Community Empower., vol. 5, no. 1, pp. 22-27, Apr. 2023.