Meningkatkan Pemahaman Perilaku Bullying Melalui Sosiodrama pada Anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an

  • Sutipyo Ru'iya Universitas Ahmad Dahlan
  • Sujono Riyadi Fakultas Kesehatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Perilaku bullying sangat mencemaskan masyarakat terutama di dunia pendidikan. Bullying sudah lama terjadi dan terus terjadi baik di lingkungan sekitar, di keramaian, di sekolah, bahkan di institusi pendidikan berbasis agama. Taman pendidikan Al-Qur’an merupakan pendidikan non formal yang mendidik para santri untuk belajar kitab suci. Untuk mencegah para santri terperosok ke perilaku bullying, perlu ditingkatkan pemahaman tentang perilaku bullying ini. Untuk meningkatkan pemahaman perilaku bullying pada santri TPA Masjid Tamtama dilakukan dengan metode sosiodarma. Ada 17 orang peserta yang mengikuti kegiatan ini. Dari 17 peserta di bagi menjadi dua, yaitu ada yang sebagai pemain perand an ada yang sebagai penonton. Hasil yang diperoleh terjadi peningkatkan pemahaman tentang perilaku bullying sebanyak rata-rata 9 point, bahkan ada dua orang yang betul semua dalam menjawab kuisioner. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tujuan pengabdian ini berhasil meningkatkan pemahaman santri tentang perilaku bullying dengan metode sosiodrama

Published
2023-03-25
How to Cite
[1]
S. Ru’iya and S. Riyadi, “Meningkatkan Pemahaman Perilaku Bullying Melalui Sosiodrama pada Anak-anak Taman Pendidikan Al-Qur’an”, J. Innov. Community Empower., vol. 5, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2023.