Edukasi Audio Visual dalam Kesiapsiagaan Bencana Gunung Meletus pada Anak Usia Sekolah

  • Novita Nirmalasari
  • Rizqi Wahyu Hidayati Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Dwi Kartika Rukmi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Arif Adi Setiawan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah yang rawan bencana dengan letusan gunung api dengan adanya gunung api aktif yaitu Gunung Merapi. Peristiwa bencana berkaitan dengan upaya mitigasi untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bencana dengan salah satu upayanya adalah edukasi terkait bencana. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah untuk sebagai upaya peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana. Hasil kegiatan tersebut didapatkan bahwa sebanyak 21 peserta menunjukkan bahwa jenis kelamin perempuan lebih banyak jika dibandingkan laki laki sebesar 38% dengan usia peserta sebagian besar berusia 11 tahun (90,6%). Peningkatan pengetahuan ditunjukkan bahwa peningkatan skor rata-rata antara pretest dan posttest yaitu sebesar 21,59. Pada masa anak usia sekolah dasar ini anak akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat, anak sangat peka dan mudah mempelajari sesuatu. Usia mempengaruhi pengetahuan, sikap, daya tangkap dan pola pikir anak. Semakin bertambah usia akan semakin berkembang pula daya tangkap dan pola pikir sehingga pengetahuan yang didapatkan semakin membaik. Perbedaan  gender  dapat  menimbulkan  perbedaan fisiologi  dan  memengaruhi perbedaan  psikologis dalam  belajar. Laki-laki  dan  perempuan  memiliki berbagai perbedaan yang mengakibatkan  perbedaan  cara  berpikir  dan  cara  menyelesaikan  masalah  dalam  belajar. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah terjadinya peningkatan peningkatan kesiapsiagaan terhadap bencana.

Published
2022-12-03
How to Cite
[1]
N. Nirmalasari, Rizqi Wahyu Hidayati, Dwi Kartika Rukmi, and Arif Adi Setiawan, “Edukasi Audio Visual dalam Kesiapsiagaan Bencana Gunung Meletus pada Anak Usia Sekolah”, J. Innov. Community Empower., vol. 4, no. 2, pp. 84-89, Dec. 2022.