Efektivitas Goal Setting untuk Peningkatan Career Efficacy pada Remaja di Bawah Asuhan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo

  • Dian Juliarti Bantam Universitas Jenderal Ahmad Yani Yogyakarta

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Goal Setting, guna meningkatkan career efficacy pada Forum Anak Kulon Progo, khusunya Remaja di bawah asuhan/ naungan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo Dinsos (PPPA Kulon Progo). Pengabdi pada PkM ini adalah dosen Prodi Psikologi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta dan mahasiswa dengan jumlah total pengabdi adalah 4 (dua) orang. Peserta yang mengikuti PkM berjumlah 10 orang. Pengumpulan data career efficacy menggunakan kuesioner CDMSE (Career Decision Making Self Efficacy Scale Short Form) dari Betz dan Taylor (2012), berjumlah 25 aitem, yang terdiri dari 5 aspek yaitu accurate self-appraisal, gathering occupational information, goal selection, making plans for the future, dan problem solving. Sedangkan modul pelatihan goal setting ini dikembangkan dengan menggunakan modifikasi dari prinsip goal setting dari Moran (Singgih-Salim & Sukadji, 2006) dan komponen goal setting dari Locke dan Latham (2013). Rancangan pengambilan data menggunakan Pre-Experimental Design, dengan bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0.037 (p<0.05). Dimana Mean rank prates (7.75) lebih kecil dari mean rank pascates (13.25). Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa pelatihan goal setting efektif untuk meningkatkan career efficacy pada remaja di bawah asuhan/ nauangan Dinsos PPPA Kulon Progo.

Published
2022-05-01
How to Cite
[1]
D. J. Bantam, “Efektivitas Goal Setting untuk Peningkatan Career Efficacy pada Remaja di Bawah Asuhan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kulon Progo”, jice, vol. 4, no. 1, pp. 14-22, May 2022.
Section
Articles