Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan dan Praktik Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Di Kelurahan Rejasari, Purwokerto Barat

  • Yudhi Wibowo - FK Unsoed
  • Nendyah Roestijawati FK Unsoed Purwokerto
  • Joko Mulyanto FK Unsoed Purwokerto
  • Dyah Krisnansari FK Unsoed Purwokerto
  • Siti Munfiah FK Unsoed Purwokerto
  • M Fikri Marhadhani Mahasiswa FK Unsoed Purwokerto
  • Machfira Bulantrisna Mahasiswa FK Unsoed Purwokerto

Abstract

ABSTRAK Per tanggal 21 November 2020, di Kabupaten Banyumas, tercatat 1.341 kasus dan 43 kasus kematian. Di Kec. Purwokerto Barat tercatat 64 kasus dan di Rejasari tercatat 13 kasus dengan kematian 2 orang. Kelurahan Rejasari berada di Kecamatan Purwokerto Barat, terdiri dari 9 RW dan RW 3 merupakan kantong masyarakat tidak mampu yaitu 263 KK dari 391 KK termasuk keluarga pra-sejahtera. Upaya memutus rantai penularan covid-19 melalui 3M. Pengetahuan dan sikap masyarakat sangat mempengaruhi kepatuhan terhadap upaya pencegahan dan pengendalian covid-19. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahun dan praktik pencegahan dan penangulangan covid-19. Metode dengan penyuluhan, simulasi dan praktik menggunakan masker dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer yang benar sesuai ketentuan. Hasil uji Firedman dan Post Hoc Wilcoxon didapatkan peningkatan pengetahuan sebelum penyuluhan dibandingkan setelah penyuluhan, evaluasi 1 dan 2 serta berbeda signifikan secara statistik (p=0,005, p=0,032 dan p=0,043). Untuk sikap tidak berbeda signifikan secara statistik sebelum penyuluhan dengan setelah penyuluhan, evaluasi 1 dan 2 (p=0,393) dengan uji Friedman. Implikasinya bahwa penyuluhan meningkatkan pengetahuan peserta tentang covid-19. Simpulan bahwa masyarakat perlu diberi penyuluhan dan role model disiplin protokol kesehatan.

 

Author Biographies

Nendyah Roestijawati, FK Unsoed Purwokerto

Department of Public Health and Community Medicine

Joko Mulyanto, FK Unsoed Purwokerto

Department of Public Health and Community Medicine

Dyah Krisnansari, FK Unsoed Purwokerto

Department of Public Health and Community Medicine

Siti Munfiah, FK Unsoed Purwokerto

Department of Public Health and Community Medicine

M Fikri Marhadhani, Mahasiswa FK Unsoed Purwokerto

Mahasiswa

Machfira Bulantrisna, Mahasiswa FK Unsoed Purwokerto

Mahasiswa

Published
2022-07-05
How to Cite
[1]
Y. W. -, “Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan dan Praktik Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Di Kelurahan Rejasari, Purwokerto Barat”, jice, vol. 4, no. 1, pp. 52-58, Jul. 2022.
Section
Articles