Diskusi Parenting Tentang Aplikasi Pola Asuh Orang Tua dalam Menghadapi Anak Balita di Paud Sps Kenanga Dusun Gandekan, Pajangan

  • winarsih wina Prodi DIII Kebidanan STIKes AKBIDYO
  • Kuriasari Pratiwi Kebidanan (DIII), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO
  • Istri Bartini Kebidanan (S1), Sekolah Tinggi Ilmu Kesehetan AKBIDYO

Abstract

ABSTRAK

Latar Belakang : Keluarga adalah tempat pertama bagi  pembentukan dan pendidikan anak.  Melalui orangtualah anak akan belajar mengenai nilai-nilai dan norma. Parenting education adalah metode yang tepat bagi  orang tua dalam pembentukan karakter anak. Parenting disini bukan hanya  sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing dan  melindungi setiap perkembangan anak. Al-Qur’an telah menjelaskan bagaimana mengasuh anak dalam Q.S At-Tahrim ayat 6 menerangkan bahwa posisi keluarga mempunyai tanggung jawab yang besar bagi perkembangan anak sehingga anak selamat dari api neraka. Dasar utama yang diletakkan oleh keluarga adalah dasar-dasar tingkah laku dan budi pekerti pada anak-anaknya. Tujuan diskusi parenting ini adalah agar ibu – ibu mendapatkan solusi tentang masalah yang dihadapi selama mengasuh anaknya dirumah.

Metode : Diskusi interaktive dan tanya jawab langsung tentang bagaimana pola asuh orang tua

Hasil dan Kesimpulan : Kegiatan pengabdian yang telah dilaksanakan pada Hari selasa tanggal 13 Januari 2020 pukul 10.00 s/d selesai dengan metode diskusi interaktive dan tanya jawab pada orang tua sejumlah 11 ibu yang anaknya ada di PAUD SPS Kenanga di Dusun Gandekan berjalandengan lancar dan tampak peserta sangat antusias. dari hasil evalusi kegiatan dengan menggunakan angket dengan 8 pertanyaan  seputar parenting pola asuh orangtua semua menjawab dengan setuju pada pertanyaan positive dan menjawab tidak setuju pada pertanyaan negative. Hasil wawancara dan diskusi langsung memang banyak orang tua yang masih kurang pas dalam berkomunikasi dengan anaknya, masih banyak bentakan dan teriakkan. Saran untuk pengabdian selanjutnya perlu menghadirkan suami sebagai sosok ayah.

Kata Kunci : Diskusi Parenting ; Pola Asuh

Published
2020-10-20
Section
Articles