Pemberdayaan Keluarga melalui Asuhan Kebidanan Keluarga dalam Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Status Kesehatan Keluarga

  • Eny Retna Ambarwati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan AKBIDYO
Keywords: Pemberdayaan Keluarga, Asuhan Keluarga, Kebidanan Komunitas

Abstract

Asuhan Kebidanan Keluarga dalam komunitas ini dilaksanakan di dusun Dukuh Desa Guwosari Pajangan Bantul. Permasalahan yang diangkat sebagai program adalah permasalahan kurangnya pengetahuan keluarga tentang pentingnya gizi seimbang pada balita, pentingnya ASI Eksklusif pada bayi, tanda bahaya kehamilan pada ibu hamil, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pentingnya ASI bagi bayi, pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Solusi yang ditawarkan adalah asuhan kebidanan keluarga dengan memberikan penyuluhan menggunakan metode pendampingan, wawancara, demosntrasi, dan diskusi. Adapun penyuluhan yang menjadikan program prioritas yaitu penyuluhan pentingnya gizi seimbang pada balita, penyuluhan ASI Eksklusif pada bayi, KIE tanda bahaya kehamilan pada ibu hamil, penyuluhan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), penyuluhan, pentingnya ASI bagi bayi, penyuluhan pertumbuhan dan perkembangan pada anak. Program ini dilakukan dengan memberdayakan keluarga. Pemberdayaan tersebut berdampak pada peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku keluarga dalam mengatasi permasalahan kesehatan di keluarga sehingga harapannya dapat menngkatkan status kesehatan keluarga di Dusun Dukuh Pajangan Bantul.

Published
2019-11-15
How to Cite
[1]
Eny Retna Ambarwati, “Pemberdayaan Keluarga melalui Asuhan Kebidanan Keluarga dalam Komunitas Sebagai Upaya Meningkatkan Status Kesehatan Keluarga”, J. Innov. Community Empower., vol. 1, no. 1, pp. 1-7, Nov. 2019.