Pengenalan Insektarium Sebagai Media Pembelajaran dan Entrepeneur Bagi Siswa SMA Negeri 1 Banyuasin II Sungsang
DOI:
https://doi.org/10.30989/jice.v6i2.1290Keywords:
Insektarium, Media Pembelajaran, bioentrepeneurAbstract
Lembaga pendidikan sekolah formal, salah satunya yaitu Sekolah Tingkat Atas (SMA/SMK/MA) baik negeri dan swasta, yang dalam pelaksanaan untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar, saat ini mulai menerapkan program kewirausahaan (entrepreneur) bagi siswa, terutama sejak pandemic Covid-19 melanda. Kabupaten Banyuasin merupakan salah kabupaten yang terdapat di provinsi Sumatera Selatan, secara administratif terletak di kawasan pesisir Sumatera Selatan. Dalam perkembangannya, kawasan ini sudah dapat ditempuh melalui jalur darat, sehingga akses menuju ke sekolah lebih mudah. Program PkM ini bertujuan untuk memberikan informasi bagi siswa dan guru dalam pembuatan terrarium sebagai pembelajaran kewirausahaan yang didasari dari pelajaran IPA. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 November 2023 bertempat di SMAN 1 Banyuasin II Kabupaten Banyuasin. Metode pelaksanaan dilakukan dengan simulasi langsung. Hasil yang dicapai siswa dapat menerapkan teknik pembuatan insektarium sebagai penerapan pembelajaran IPA. Media pembelajaran insektarium memudahkan siswa untuk lebih aktif belajar dan lebih paham tentang struktur serangga. Siswa diajak untuk terlibat penuh serta dilatih untuk lebih aktif dan kreatif sehingga minat belajar siswa menjadi lebih tinggi dengan mengunakan media insektarium. Minat belajar siswa sangat meningkat setalah penerapan media pembelajaran insektarium.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dewi Novianti, Dian Mutiara, Dewi Rosanti, Trimin Kartika, Marmaini Marmaini, Dwi Warsari, Rizki Wahyudi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.