Upaya Peningkatan Kewaspadaan Hipertensi Melalui Pengendalian “CERDIK” Pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pandak 1 Bantul

  • Ike Wuri Winahyu Sari Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Dwi Kartika Rukmi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Anastasia Suci Sukmawati Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Hipertensi meningkatkan risiko penyakit jantung dan penyakit pembuluh darah dan seringkali tidak memiliki gejala, sehingga baru diketahui setelah menyebabkan kerusakan pada jantung. Pengendalian hipertensi penting dilakukan sebagai upaya menekan terjadinya komplikasi. Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengendalian hipertensi dengan upaya CERDIK di wilayah Puskesmas Pandak 1. Sasaran kegiatan ini adalah warga dalam wilayah binaan Puskesmas Pandak 1 berjumlah 100 orang. Kegiatan dilaksanakan pada Bulan Maret 2023 dengan metode pemberian penyuluhan yang sebelum dan sesudahnya dilakukan evaluasi untuk menilai peningkatan pengetahuan tentang pengendalian CERDIK. Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pengendalian hipertensi dengan peningkatan nilai rata-rata 20,5 dan hasil uji Wilcoxon menunjukkan p<0,05. Hasil penyuluhan ini dapat dikatakan efektif dalam meningkatkan kewaspadaan warga masyarakat di wilayah binaan Puskesmas Pandak 1 melalui pengendalian CERDIK.

Published
2024-04-06
How to Cite
[1]
I. Wuri Winahyu Sari, Dwi Kartika Rukmi, and Anastasia Suci Sukmawati, “Upaya Peningkatan Kewaspadaan Hipertensi Melalui Pengendalian ‘CERDIK’ Pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pandak 1 Bantul”, J. Innov. Community Empower., vol. 6, no. 1, pp. 7-11, Apr. 2024.