Peran Kepemimpinan Berbasis Kekuatan dan Self - Efficacy dalam meningkatkan Kinerja Tugas melalui Keterikatan Kerja Dosen di UNISSULA

Penulis

  • HANDIKA FEBRI KURNIAWAN UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG

Kata Kunci:

Strength – Based Leadership, Self – Efficacy, Task Performance, Work Engagement

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Kepemimpinan Berbasis Kekuatan dan Self-
Efficacy dalam meningkatkan Kinerja Tugas melalui Keterikatan Kerja Dosen di Universitas
Islam Sultan Agung Semarang (UNISSULA). Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan teknik pengambilan sampel Purposive sampling melibatkan dosen tetap yang telah
bekerja lebih dari satu tahun. Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 51 Dosen. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert 5 point yang disebarkan
secara fisik dan online. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan metode Partial Least
Square-Structural Equation Modeling (Smart PLS-SEM 3.0). Analisis data dilakukan untuk
menguji wpengaruh kepemimpinan berbasis kekuatan dan self-efficacy terhadap kinerja tugas
baik secara langsung maupun tidak langsung (mediasi) melalui Keterikatan kerja. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan berbasis kekuatan tidak berpengaruh
signifikan terhadap Kinerja Tugas baik secara langsung maupun melalui Keterikatan kerja.
Sedangkan Self – Efficacy berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Tugas baik secara
langsung maupun melalui Keterikatan Kerja. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk
memperkaya literatur mengenai hubungan antara kepemimpinan berbasis kekuatan, self-
efficacy, keterikatan kerja, dan kinerja tugas, khususnya dalam konteks pendidikan tinggi di
Indonesia. Secara praktis, temuan ini memberikan rekomendasi bagi institusi seperti
UNISSULA untuk mengembangkan program peningkatan self-efficacy dan keterikatan kerja
dosen. Beberapa program yang disarankan seperti melalui pelatihan, pengembangan karir, dan
lingkungan kerja yang mendukung, untuk meningkatkan kinerja dosen.

Diterbitkan

2024-12-13