MENDETEKSI HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN UBI KAYU (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ) MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS GRAFIS

  • Dayat Subekti

Abstract

Salah satu penyebab dari menurunnya produksi ubi kayu Indonesia adalah serangan hama dan penyakit seperti tungau daun, cendawan dan bakteri. Serangan hama dan penyakit tersebut disebabkan oleh pola tanam yang salah serta minimnya pengetahuan para petani akan serangan hama dan penyakit. Minimnya pengetahuan para petani tersebut terutama dalam hal mengidentifikasikan serangan awal hama dan penyakit pada ubi kayu. Contoh dari minimnya pengetahuan tersebut adalah ketidakmampuan petani untuk mendeteksi tanda-tanda pada daun yang terserang tungau merah atau tanda- tanda pada batang yang terserang bakteri busuk akar.

Ketidaktahuan para petani terhadap serangan awal hama dan penyakit ini sebenarnya dapat diminimalisir dengan adanya sebuah panduan akan ciri-ciri serangan hama dan penyakit tersebut dimana panduan tersebut dapat membantu para petani mengenali tanda-tanda awal serangan dengan mencocokkan tanda-tanda yang terdapat pada tanamannya dengan tampilan di panduan yang telah memuat data mengenai serangan hama dan penyakit pada ubi kayu.

Untuk mewujudkan panduan yang memudahkan petani mengenali tanda- tanda serangan hama dan penyakit maka perlu dibangun sebuah sistem pakar dengan tampilan grafis yang memungkinkan petani mudah mengenali tanda- tanda serangan hama dan penyakit ubi kayu. Dengan dikenalinya tanda-tanda serangan maka penanggulangannya dapat dilakukan dengan segera sehingga penurunan produksi ubi kayu dapat dihindari.

References

Durkin, 1994, Expert System and Development, MacMillan Publishing Company, USA.
Harizammrry, 2007, Ubi Kayu, http://harizamrry.wordpress.com.
Harmon dan King, 1985, Artificial Intelligence In Business, John Wiley & Sons Inc., New York.
Hasyim, Harris, 2007, Hama Singkong dan Perekonomian Lampung, Lampung Post. Lampung.
Himawan, A. & Subekti, D., 2010, Aplikasi Sistem Pakar Berbasis Grafis Untuk Mendeteksi Hama dan Penyakit Pada Tanaman Pada Tanaman Ubi Kayu (Manihot Esculenta Crantz), Penelitian Dosen Muda Tahun 2010.
Martin, J. & Oxman, S., 1988, Building Expert System: A Tutorial, Prentice Hall International Inc, New Jersey.
Rukmana, Rahmat, 2005, Ubi Kayu, Budi Daya Dan Pasca Panen, Kanisius, Yogyakarta.
Turban, Efraim., 1995, Decision Support and Expert System, Prentice-Hall International Inc., New Jersey, Fourth Edition.
Turban, Efraim dan Jay E. Aronson, 1998, Decision Support System and Intelligent system, Prentice-Hall International Inc., New Jersey
Yasa, I. P. Supartha, 2005, Sistem Pendukung Keputusan Untuk Perguruan Tinggi, UPN Veteran, Yogyakarta.
____, Kemetrian Pertanian Republik Indonesia, http://www.deptan.go.id, diakses 1 Mei 2009.
Published
2020-05-23
How to Cite
Dayat Subekti. (2020). MENDETEKSI HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN UBI KAYU (MANIHOT ESCULENTA CRANTZ) MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM PAKAR BERBASIS GRAFIS. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 3(2), 79-88. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/374
Section
Articles