AGEN PENGAMBIL INFORMASI PADA JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN AGLETS SOFTWARE

  • Bambang Sugiantoro Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga
  • Ahmad Ashari Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Gadjah Mada

Abstract

Aglet Software Development Kit (ASDK) merupakan perangkat lunak bantu pengembangan mobile agent berbasis Java yang pertama kali diperkenalkan oleh IBM Jepang pada tahun 1997. Aglet sangat ideal dikembangkan menjadi sistem deteksi penyusupan karena ukuran file yang kecil dan mampu berjalan pada semua host yang telah dipasang Java dan ASDK versi 2.0.2. Aktifitas deteksi dilakukan pada host sehingga tidak membebani jaringan. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah GRAPPLE (Guidelines for Rapid APPLication Engineering). Diagram UML digunakan pada tahap analisis dan perancangan. ASDK dijalankan dengan Java 2 Standard Development Kit versi 1.5.0_01 pada sistem operasi Windows XP Professional Service Pack 1 dan Linux Fedora Core 3. Tahap pengujian menggunakan 5 komputer yang terhubung pada jaringan lokal dengan skenario 1 komputer Windows sebagai server, 2 komputer Linux sebagai client, dan sisa 2 komputer windows sebagai client. Aplikasi ini menerima input berupa alamat IP (Internet Protocol) dari host yang akan dikunjungi serta jenis pengiriman yaitu sekali, clone di host atau berulang. Objek Aglet mengirimkan status yang dilakukan selama proses deteksi di setiap host. Data yang diambil akan dikirim ke AgletMaster yang selanjutnya diolah menjadi laporan berupa file teks dan tabel. Laporan yang ditampilkan meliputi nama host, sistem operasi, port-port aktif, ketersediaan memory, waktu uptime dan ukuran directory sementara. Aplikasi ini dapat membantu administrator dalam melakukan aktifitas pengamanan jaringan.

References

[1] Bace, R., Mell, Peter, 2009, Intrusion Detection System, NIST Special Publication.
[2] Dharwiyanti, Sri, 2003, Pengantar Unified Modeling Language (UML), http://www.ilmukomputer.com, diakses pada 10-05-2010.
[3] Jogiyanto, 2000, Pengenalan Komputer, Penerbit Andi,Yogyakarta.
[4] Hermawan, Julius, 2004, Analisa Desain dan Pemrograman Berorientasi Obyek dengan UML dan Visual Basic.net, Penerbit Andi, Yogyakarta.
[5] Lange, D.B, 2009, Java Aglet Application Programming Interface White Paper – Draft 2, http://www.trl.ibm.co.jp/aglets/api/Packagecom.ibm.aglet.html, diakses pada 10-7-2010.
[6] Oshima, Mitsuru, 2008, Aglet Spesification 1.1 Draft, http://www.trl.ibm.co.jp/ aglets/spec11.htm, diakses pada 2-11-2010.
[7] Schmuller, Joseph, 1999, Teach Yourself UML in 24 Hours, Sams Publishing, Indianapolis.
[8] Sugiantoro, Bambang, 2009, Perancangan dan Implementasi Aplikasi Mobile Agent untuk Deteksi Penyusupan pada Jaringan Komputer.
[9] Wahono, Satria, Romi, 2009, Pengantar Software Agent: Teori dan Aplikasi, http://www.ilmukomputer.com, diakses pada 25-02-2010.
Published
2020-05-23
How to Cite
Bambang Sugiantoro, & Ahmad Ashari. (2020). AGEN PENGAMBIL INFORMASI PADA JARINGAN KOMPUTER MENGGUNAKAN AGLETS SOFTWARE. Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 3(2), 37-50. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/373
Section
Articles