ANALISIS KEBERHASILAN PENGGUNAAN SIDALIH MENGGUNAKAN METODE UTAUT

  • Yuliana Yuliana Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Arief Setyanto
  • Hanif Al Fatta
Keywords: Penggunaan SIDALIH, Komisi Pemilihan Umum, UTAUT

Abstract

Penggunaan teknologi informasi sangat dibutuhkan dalam membantu mencapai tujuan organisasi. Pada sektor pemerintahan untuk mendukung kinerja operasional, salah satu upaya yaitu dikembangkannya sistem informasi terintegrasi dalam lingkup tertentu yang menghubungkan pengelolaan sistem informasi antar unit, bagian atau tempat dengan memanfaatkan akses internet.

            Untuk mendukung kegiatan pemerintah tersebut maka lembaga KPU mempersiapkan sebuah sistem berbasis teknologi yang digunakan yaitu Sistem Informasi Data Pemilih di KPU. Proses yang dilakukan adalah pemutakhiran data untuk membersihkan data invalid dan menghindari data pemilih ganda yang selama ini menjadi beban dalam setiap pemilu karena banyak data yang diinput. Dalam menganalisis keberhasilan penggunaan SIDALIH dengan menggunakan model UTAUT.

            Hasil penelitian uji analisis data menggunakan metode UTAUT, ditemukan bahwa variabel Kinerja Harapan, Upaya Usaha memiliki pengaruh terhadap Perilaku Niat dan Kondisi Fasilitasi yang mempengaruhi Perilaku Pengguna. Dalam hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya sistem SIDALIH di KPU sangat membantu niat para pengguna dalam menjalankan tugas pemutakhiran data dalam pemilihan.

Published
2019-04-25