APLIKASI MULTIMEDIA PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PEMBUDIDAYAAN TANAMAN HIAS KAMBOJA JEPANG (ADENIUM OBESUM)

  • Arif Himawan Program Studi Manajemen Informatika, STMIK Jenderal Achmad Yani Yogyakarta

Abstract

Salah satu penyebab tidak berhasilnya pembudidayaan tanaman hias khususnya Kamboja Jepang (adenium obesum) adalah serangan hama dan penyakit seperti ulat, tungau, jamur dan bakteri. Serangan hama dan penyakit tersebut disebabkan oleh pola tanam yang salah serta minimnya pengetahuan para pembudidaya akan serangan hama dan penyakit. Minimnya pengetahuan para petani tersebut terutama dalam hal mengidentifikasikan serangan awal hama dan penyakit pada adenium. Contoh dari minimnya pengetahuan tersebut adalah ketidakmampuan petani untuk mendeteksi tanda-tanda pada daun yang terserang ulat atau tanda-tanda pada batang yang terserang bakteri busuk akar. Ketidaktahuan para petani terhadap serangan awal hama dan penyakit ini sebenarnya dapat diminimalisir dengan adanya sebuah panduan akan ciri-ciri serangan hama dan penyakit tersebut di mana panduan tersebut dapat membantu para pembudidaya mengenali tanda-tanda awal serangan dengan mencocokkan tanda-tanda yang terdapat pada tanamannya dengan tampilan di panduan yang telah memuat data tentang hama dan penyakit pada Adenium. Untuk mewujudkan panduan yang memudahkan pembudidaya mengenali tanda-tanda serangan hama dan penyakit maka perlu dibangun sebuah aplikasi dengan tampilan grafis yang memungkinkan pembudidaya mudah mengenali tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada adenium. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah mengimplementasikan aplikasi multimedia yang akan memudahkan petani mengenali tanda-tanda serangan hama dan penyakit pada Adenium dan mampu memberikan alternatif solusi bagi penanggulangannya. Dengan dikenalinya tanda-tanda serangan tersebut maka penanggulangannya dapat dilakukan sesegera mungkin sehingga pembudidayaan Adenium dapat berlangsung dengan lebih baik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi multimedia untuk budidaya dan mendeteksi hama dan penyakit pada tanaman Kamboja Jepang (adenium obesum). Aplikasi ini dapat membantu pembudidaya untuk mengenali hama dan penyakit pada tanaman adenium berdasarkan kondisi pada tanaman.

References

Ekosari, Astuti, 2006, Pengaruh GA3 dan IAA terhadap Pembesaran Bonggol Adenium, http://digilib.uns.ac.id.
Hardjanti, Sri, 2005, Pertumbuhan Setek Adenium Melalui Peranginan, Asal Bahan Setek, Penggunaan Pupuk Daun dan Penggunaan Media, Agrosains.
Inixindo, 2008, Macromedia Flash, Inixindo, Yogyakarta.
Sudarmana, L. dan Subekti, D., 2004, Sistem Pakar Pendiagnosa Saluran Pernafasan dan Penentuan Jenis Obat Serta Dosis, Laporan Penelitian, Tidak diterbitkan.
Sunardi, Maloedyn Sitanggang, 2007, Budidaya dan Bisnis Adenium, Agromedia Pustaka.
----------, Situs Web: Kementrian Pertanian Republik Indonesia, http://www. deptan.go.id, diakses 1 Desember 2009.
----------, Situs Web: DuniaFlora.com – Dunia Tanaman Hias Indonesia Untuk Seluruh Dunia, http://www.duniaflora.com, diakses 14 Desember 2009.
----------, Situs Web: adeniumlegenda.com, http://www.adeniumlegenda.com, diakses 27 Desember 2009.
----------, Situs Web: Plantamor :: situs dunia tumbuhan, http://www.plantamor. com, diakses 8 Desember 2010.
Published
2020-05-23
How to Cite
Arif Himawan. (2020). APLIKASI MULTIMEDIA PADA USAHA KECIL MENENGAH (UKM) PEMBUDIDAYAAN TANAMAN HIAS KAMBOJA JEPANG (ADENIUM OBESUM). Teknomatika: Jurnal Informatika Dan Komputer, 3(2), 13-36. Retrieved from https://ejournal.unjaya.ac.id/index.php/teknomatika/article/view/371
Section
Articles