KONSTRUKSI SKEMA BASIS DATA VIRTUAL BERBASIS VIEW SQL UNTUK MEMBANTU PROSES EKSTRAKSI ONTOLOGI

  • Choerun Asnawi Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta
  • Kusrini Kusrini
  • Sudarmawan Sudarmawan
Keywords: web semantik, basis data relasional, ontologi, OWL, SQL, view

Abstract

Salah satu upaya untuk mewujudkan visi web semantik adalah terkait dengan penyediaan data yang dapat dimanfaatkan oleh teknologi terkait. Salah satu sumber data yang tersedia secara melimpah adalah basis data relasional. Berbagai upaya dilakukan agar dapat mengkonversi data tersebut menuju format yang dipahami oleh teknologi web semantik. Termasuk di dalamnya adalah untuk mempelajari makna yang terkandung di dalam data sumber lalu mengekstraknya dalam bentuk ontologi. Salah satu kendala yang muncul adalah bahwa basis data sumber tidaklah selalu sesuai dengan asumsi awal yang dipakai pada metode ekstraksi ontologi, sehingga hasilnya tak sesuai dengan harapan.

Dalam penelitian ini, diusulkan suatu metode ekstraksi ontologi dari basis data relasional yang tidak mensyaratkan asumsi awal terhadap basis data sumbernya. Pada metode yang diusulkan ini, asumsi justru dibangun dan basis data sumber akan dibuat mengikuti asumsi tersebut, tanpa mengubah struktur yang sudah ada. Caranya adalah dengan mengkonstruksi skema virtual dari view-view khusus yang strukturnya dibuat menyesuaikan dengan asumsi yang ada. Selain itu, dengan metode ini maka view juga dapat dimanfaatkan untuk mengekspos semantik tersembunyi di dalam struktur basis data sumber.

Metode yang diusulkan tersebut mampu menghasilkan output berupa ontologi yang lebih baik dibandingkan dengan metode sejenis lainnya. Selain itu, dengan metode ini juga dapat mengungkap semantik tersembunyi yang gagal diekstrak oleh metode lainnya, tanpa harus memakai bahasa pemetaan baru.

Published
2019-04-25