RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMANTAU KETINGGIAN AIR DI RUNWAY PESAWAT TERBANG BERBASIS NIRKABEL

  • Catur Budi Waluyo
  • Sabinianus Wae Lopi
  • Agus Basukesti
Keywords: Rancang bangun, ketinggian, Bluetooth, Sensor

Abstract

Dalam bandar udara, aspek keselamatan penumpang pada saat pesawat landing harus diperhatikan, karena sebagian besar kecelakaan pesawat terjadi pada saat landin. Kecelakaan pesawat pada saat landing di sebabkan karena roda pesawat tergelincir dan kondisi landasan pacu tergenang air akibat hujan. Perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang wireless semakin pesat seiring peningkatan kebutuhan akan komunikasi dan informasi dengan mobilitas yang tinggi. Oleh karena itu pada penelitian ini, membuat rancang bangun prototipe pemantau ketinggian airĀ  di landasan pacu berbasis nirkabel.

Pada penelitian ini, sistem yang dirancang menggunakan Mikrokontroller, sensor ultrasonik, dan Modul Bluetooth. Mikrokontroller yang digunakan menggunakan arduino nano berfungsi untuk mengolah data masukan sinyal dari sensor ultrasonik setelah itu data dikirimkan melalui media wireless dan ditampilkan melalui Liquid Crystal Display (LCD) dan buzzer sebagai pemberi peringatan.

Hasil pengukuran sensor ultrasonik pada pengukuran ketinggian air dengan rerata tingkat kesalahan sebesar 1.44% dan rerata tingkat kesalahan pengukuran volume sebesar 1.38%. Berdasarkan jarak jangkauan modul bluetooth mencapai 25meter jika tanpa halangan dan 20 meter jika modul tersebut ada halangan. Pengujian buzzer dengan batas ambang maksimum 1.27cm berhasil.

Published
2018-12-15