ANALISIS KONTEN JEJARING SOSIAL TWITTER DALAM KASUS PEMILIHAN GUBERNUR DKI 2017

  • Muhammad Habibi
Keywords: Media Sosial, Twitter, Pilkada DKI Jakarta 2017, Analisis Konten, Text Mining

Abstract

Pilkada DKI merupakan salah satu pilkada yang menjadi sorotan di Indonesia, hal ini disebabkan DKI Jakarta merupakan Ibu kota negara Indonesia. Perbincangan mengenai pilkada DKI Jakarta serta nama-nama calonnnya tidak hanya terasa di dunia nyata bahkan sangat terasa di dunia maya. Masyarakat bebas berpendapat atau beropini mengenai calon gubernur DKI Jakarta 2017. Twitter merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki basis pengguna yang sangat besar di Indonesia. Dalam penelitian ini pengumpulan dan analisis sederhana terhadap tweet yang terkait dengan calon gubernur dalam pilkada DKI Jakarta 2017. Tercatat, tidak kurang dari 79.856 tweet berhasil dikumpulkan dalam kurun waktu 7 hari, mulai dari tanggal 31 Januari sampai 6 Februari 2017. Hasil dari penelitian ini adalah mengetahui frekuensi kemunculan kata pada tweet dan membahas mengenai analisis co-coccurence, untuk mengetahui pasangan kata yang sering muncul dalam satu tweet. Serta mencari keterkaitan antara satu dengan kata yang lain.

Published
2018-12-15