MODEL IMPLEMENTASI E-LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH ATAS DENGAN PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN

  • Heri Suroyo
Keywords: Implementasi e-learning, LMS, web base learning dan edmodo

Abstract

Fokus dari penelitian dan pengabdian ini adalah penerapan model implementasi penggunaan teknologi internet untuk pembelajaran di sekolahan. Aplikasi e-learning yang diimplementasikan adalah web e-learning yang beralamat diĀ  www.edmodo.com. Sebagai salah satu aplikasi Learning Management System (LMS) edmodo memiliki kelebihan diantaranya aplikasi ini mempunyai tampilan antarmuka seperti aplikasi jejaring sosial pada umumnya, hal ini diharapkan menjadi motivator tersendiri bagi guru dan siswa untuk menggunakan aplikasi e-learning dalam pembelajaran. Umumnya beberapa sekolah negeri diperkotaan menerapkan implementasi e-learning di sekolah dengan model proyek yang biasanya bersumber dari anggaran dinas pendidikan setempat.

Pada riset ini model implementasi e-learning dengan memanfaatkan Skim Pengabdian Iptek bagi Masyarakat dari Kemenristek untuk tahun anggaran 2016. Pada tahap penerapan dilaksanakan pelatihan dan pendampingan bagi pengguna mencakup guru, siswa, admin, serta orang tua wali siswa. Objek tempat penerapan e-learning dalam riset ini adalah di dua sekolahan yaitu satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Metode penelitian yang dipakai dalam implementasi e-learning ini adalah metode Pelatihan dan pendampingan. Hasil dari penelitian ini adalah aktivasi akun e-learning edmodo sebanyak 74 akun terdiri dari akun guru, siswa dan akun orang tua siswa. Dari penelitian ini didapatkan secara umum mendapat respon positif dari seluruh peserta dengan 7 (tujuh) indikator persepsi diperoleh rata-rata sebesar 60,7% peserta pelatihan menjawab Setuju dan 29,1% Sangat Setuju.

Published
2018-12-15